Senin, 24 Oktober 2011

Riding Tips


Group Riding untuk Pemula: Persiapan
www.visordown.com


Berkendara bersama dengan rekan sesama pemotor ke tempat wisata seperti daerah pegunungan, pantai, dan lainnya menjadi alternatif kegiatan yang biasanya dilakukan di akhir pekan. Kegiatan ini sekarang tidak hanya dilakukan oleh kaum pehobi sepeda motor saja, tapi sudah meluas kepada kalangan kaum komuter yang setiap hari menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas seperti bekerja. Menyenangkan memang, apalagi jika kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terhitung banyak. Lebih menyenangkan lagi jika para pemotor dapat mengajak serta anggota keluarganya. Melintasi jalan raya luar kota, jika tidak padat tentunya, memang memberikan sensasi tersendiri. Kelokan, tanjakan, turunan, lengang, adalah tipikal jalan raya luar kota yang tentunya sangat berbeda dengan kondisi jalan raya dalam kota.


Group riding adalah salah satu cabang kegiatan bermotor yang melibatkan banyak orang. Tujuannya adalah berkendara bersama dengan riang dan santai dari satu tempat menuju tempat lainnya. Dalam hal ini perlu ditekankan adanya sikap mental yang baik dari seorang pemotor, terutama dari para pemula yang ingin mencoba group riding, atau istilah umumnya turing. Bagi para pemula ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


1. Persiapan
Persiapan sangat penting dalam segala situasi, termasuk untuk turing. Persiapkan fisik, kendaraan, surat-surat, dan mentalmu jauh-jauh hari. Semakin dipersiapkan jauh hari makin baik karena kamu tidak akan tergesa-gesa. Jaket, sarung tangan, helm, sepatu, baju ganti harus dipersiapkan sedini mungkin.

2. Cari Informasi
Kamu harus mencari informasi berkaitan dengan kegiatan turing yang akan kita jalani. Informasi itu seputar jumlah peserta, kondisi jalan, daerah yang dilewati, letak SPBU, lokasi rumah sakit jika terjadi insiden, dan lainnya. Semakin banyak informasi yang kamu kumpulkan akan mempermudah dirimu dan kawanmu jika tersesat atau terjadi insiden.

3. Persiapkan Motormu
Hal yang sangat penting. Jangan memaksa pergi ikut turing jika kondisi motor dalam keadaan yang kurang baik, karena hal ini tidak hanya dapat membahayakan dirimu tapi juga kawanmu. Periksa kondisi ban, rantai, rem, kelistrikan, lampu, spion, rangka, dan mesin. Kamu juga pastinya tidak ingin berurusan dengan polisi kan jika motormu bermasalah?

4. Ajak peturing berpengalaman
Kegiatan ini memiliki resiko yang cukup tinggi, jadi jangan pernah mencoba turing hanya dengan sesama rekan pemula. Kita harus mengajak peturing yang berpengalaman agar kita juga mendapat ilmu dari mereka. Dengan mengajak peturing yang berpengalaman, kita dapat berbagi pengetahuan dengan mereka mengenai kondisi jalan, kondisi suatu daerah, dan lainnya. Syukur kalau sampai ditraktir.

5. Buat jadwal perjalanan
Jadwal membuat teratur. Walaupun kondisi jalan terkadang tidak menentu ada baiknya jadwal tetap dibuat. Ini bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan turing agar tidak melelahkan dan membuang waktu berlebihan. Kita juga bisa memiliki waktu istirahat yang cukup jika tetap berpatokan pada jadwal yang telah dibuat. Istirahat yang cukup dimaksudkan untuk menjaga kondisi badan tetap bugar dan waspada saat berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar