Kamis, 10 November 2011

Keihin PWK 28 Kawasaki KR 150

Good day for ride brother. Biarpun sedang memasuki musim hujan tapi bukan halangan buat riding dengan tunggangan kesayangan dong. Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang sebuah bagian dari mesin yakni karburator. Jenis karburator yang saya ingin paparkan kali ini adalah KEIHIN tipe PWK 28mm versi Kawasaki KR 150 (kalau di Indonesia disebut Ninja 150). Lho memang ada ya Kawasaki Ninja 150 standar pabrik yang memakai PWK 28? Maklum di Indonesia, tipe karbu PWK dari Keihin ini dikenal sebagai karbu performa tinggi, bukan sebagai karbu bawaan standar dari manufaktur alias pabrik. Ternyata Kawasaki KR 150 yang lebih dulu beredar di Malaysia dan Thailand sudah menggunakan Keihin PWK 28 sebagai kelengkapan standarnya, malah pada Kawasaki KR 150 tipe SP menggunakan karburator Keihin PE 28mm.

 
Terdapat beberapa generasi karburator Keihin PWK 28mm, mulai dari Keihin PWK KR 150 28-30mm, Keihin PWK KX 28mm, Keihin Sudco 28mm, hingga Keihin PWK 28 quad-vent. Pembahasan lebih menyeluruh akan dilakukan di lain waktu. Nah kali ini saya akan mengajak brother semua untuk melihat bagian-bagian dari karbu  KEIHIN PWK 28mm versi Kawasaki KR 150, silahkan disimak.



Moncong depan Keihin PWK KR 150

Tampak kiri Keihin PWK KR 150. Terlihat tuas choke, sekrup langsam (idle screw) yang terbuat dari besi yang ada di sebelah kiri, dan sekrup air screw.

Moncong belakang Keihin PWK KR 150

Penampakan inner parts Keihin PWK KR 150.

Mangkuk (fule bowl) Keihin PWK KR 150 dengan pipa pembuangan yang berlubang besar

Pilot Jet, Main jet, Nosel, dan Pelampung PWK KR 150

Perhatikan main jetnya, sangat berbeda dengan karbu PWK versi lainnya yang menggunakan main jet model hex.

Moncong belakang Keihin PWK KR 150. Terlihat menggunakan upper nozzle model pendek.

Skep (throttle valve). Sepertinya sudah mengalami kerusakan karena penggunaan, terlihat dari penampakan skep yang sudah bergaris.

Saya tidak dapat mengidentifikasi kode jarum skep (jet needle) yang digunakan, tapi nampaknya terbuat dari kuningan.

Ukuran cut away (CA) skep 3.5



Picture courtesy of  2strokeclub.com
I'll really appreciate if you write down a comment
Thank you.

1 komentar: